<a href=&#8221;http://zawa.blogsome.com&#8221;>Zawa Clocks</a>
08.57

PENTINGNYA MEMAHAMI MANAJEMEN UNTUK PROFESI DIBIDANG SISTEM INFORMASI

Nama : Ilham Eka Fauzi
NIM : 11410100081
Dosen : Ibu Tri Sagirani, S. Kom., M.MT.


PENTINGNYA MEMAHAMI MANAJEMEN UNTUK PROFESI DIBIDANG SISTEM INFORMASI

Ø Pengertian Manajemen :

1.    Manajemen sebagai suatu seni : “keahlian untuk menggerakan orang untuk melakukan suatu pekerjaan” (the art of getting thing done through people)
2.    Manajemen sebagai suatu proses : “seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengontrolan dari pada “human and natural resources” untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu”.
3.    Manajemen sebagai kumpulan aktivitas : “proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan : perencanaan, pengorganisasian, menggerkan dan pengawasan yang dialkukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia serta sumber-sumber lain”

Ø Fungsi-Fungsi Manajemen :

1.    Perencanaan (planning) : memperkirakan hal hal yang akan dikerjakan di masa depan dengan terperinci dan terjadwal. Planning berguna untuk membuat tujuan dan hal yang akan dikerjakan dengan jelas.
2.    Pengorganisasian (organizing) : melakukan pembagian pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan yang tepat, dengan organizing 1 pekerjaan besar akan dibagi – bagi menjadi beberapa pekerjaan kecil agar dapat dikerjakan dengan efisien.
3.    Pengarahan (directing) : Tindakan yang bertujuan agar setiap pekerjaan yang telah ditentukan dapat mencapai hal yang sudah direncanakan baik dalam ketepatan waktu dan hasil.

Ø Pengertian Sistem Informasi :

·      Interaksi anatara user, data dan teknologi sehingga dapat disimpulkan Sistem Informasi adalah kombinasi seorang user dengan teknologi informasi untuk melakukan proses operasi dan manajemen.

Ø Pentingnya Managemen dalam profesi di bidang Sistem Informasi :

·      Dalam Sistem Informasi, user dituntut agar dapat mengoperasikan komputer dan teknologi informasi lainnya dengan efisien, selain itu bila user bekerja di sebuah perusahaan maka lingkungan SI semakin luas menjadi 1 perusahaan.
·      Sistem Informasi telah berkembang dengan luas dan berkembang menjadi berbagai macam jenis teknologi, sehingga user harus tahu teknologi apa saja yang benar – benar dibutuhkan seperti halnya OS dan perangkat pendukung.
·      Selain itu dengan Managemen, perusahaan dapat memangkas pengeluaran untuk membeli peralatan SI dan TI dengan harga murah tetapi fitur yang memadai ( fitur yang dibutuhkan ), hal ini dapat terjadi berkat teknologi yang sudah berkembang pesat.
·      Selain itu, peralatan SI dan TI harus stand by dalam keadaan apapun sehingga dibutuhkan managemen agar peralatan tersebut selalu di periksa agar diketahui adanya kerusakan dan diperbaiki.
·      Kombinasi SI dan Managemen sangat menguntungkan, bila kedua hal ini digabung dapat membantu memcahkan masalah bisnis dan mengambil keputusan.

0 komentar: