<a href=&#8221;http://zawa.blogsome.com&#8221;>Zawa Clocks</a>
09.40

Resume Seminar Komunikasi, 30 September 2011

Seminar Developing Good Communication Skills
Oleh : Ibu Sri Hariani Eko Wulandari

52 % Remaja putus pacaran karena masalah komunikasi :
1.       Long distance relationship
2.       Kesibukan belajar sehingga jarang bertemu
3.       Susah menyampaikan apa yang dimaksud
4.       Miskomunikasi
5.       Ditinggal pacar karena mencari pasangan lain yang lebih bisa diajak bicara

10 Common Traits of The Best Business Leaders :
1.       Passion
2.       Intelligence and Clarity of Thinking
3.       Great communication skills
4.       High Energy Level
5.       Egos in Check
6.       Inner Peace
7.       Capitalizing of Formative Early Life Experiences
8.       Strong Family Lifes
9.       Positive Attitude
10.   Focus on “ Doing the Right Thing Right “

Komunikasi adalah :
v  Bagian penting dari mempengaruhi orang lain untuk memperoleh apa yang kita inginkan
v  Dari semua pengetahuan & keterampilan yang anda miliki, pengetahuan & keterampilan komunikasi termasuk di antara yang paling penting & berguna. Karena ruang lingkup komunikasi meliputi komunikasi dengan diri sendiri, dengan orang lain, komunikasi kelompok & komunikasi yang lain ( J.A. Devito, 1997 )
v  Kemampuan berkomunikasi menunjukkan kemampuan mengrimkan pesan dengan jelas, manusiawi dan efisien dan menerima pesan – pesan secara akurat ( D. B. Curtiss, 1992 )

Komponen dalam Komunikasi :
v  Ide / gagasan
v  Komunikator
v  Penerima
v  Pesan yang jelas
v  Media yang tepat
v  Strategi yang sesuai
v  Memberikan persepsi yang seragam
v  Panca indra penerima yang baik

Jenis Komunikasi :
           1 . Komunikasi Perorangan ( Interpersonal Communication ) :
Sering disebut komunikasi tatap muka secara langsung. Kelebihan dari komunikasi ini adalah komunikasi langsung sampai dan dimengerti karena apabila tidak dimengerti akan dapat langsung dinyatakan
2. Komunikasi Berkelompok ( Group Communication ) :
Komunikasi yang melibatkan lebih dari satu orang sekaligus. Kelebihan komunikasi ini adalah dapat menyampaikan pesan langsung terhadap banyak orang. Kekurangannya, pesan yang disampaikan dapat berbeda penerimaannya untuk tiap orang yang menyebabkan miscomunication.

Prin sip Dasar Komunikasi :
v  Apapun yang kita lakukan adalah komunikasi
v  Cara yang kita mulai memulai pembicaraan seringkali menentukan hasil komunikasi
v  Cara kita menyampaikan pesan selalu berpengaruh terhadap bagaimana pesan itu diterima & dipahami
v  Cara kita menyampaikan pesan selalu berpengaruh terhadap bagaimana pesan itu diterima & dipahami
v  Komunikasi yang sebenarnya adalah pesan yang diterima, bukan pesan yang disampaikan
v  Komunikasi merupakan jalan 2 arah, kita harus memberikan sebaik yang kita terima

Contoh Kasus Miskomunikasi :
1.       Prita Mulyasari
2.       Nur Arafah / Farah
3.       Ibnu, mahasiswa dari Bali (Mahasiswa yang akan diusir dari tempat tinggalnya)

Enam C dalam memberikan informasi yang baik :
1.       Clear
2.       Concise
3.       Complete
4.       Couteous
5.       Correct
6.       Concrete

TIPS & TRICk :
1.       Penelitian menyatakan 70% kesalahan di dunia pekerjaan adalah hasil dari komunikasi yang buruk
2.       Tunjukkan kalau anda punya empati
3.       Memperlakukan orang lain dengan gentle dan lembut. Jangan kasar dan membentak
4.       Membantu orang lain jangan demi “FULUS” tapi dengan “TULUS”
5.       Hilangkan hambatan komunikasi apapun resikonya
6.       Good leadership start with good communication

0 komentar: